7 Cara Membedakan Smartphone Asli Dengan Palsu

7 Cara Membedakan Smartphone Asli Dengan Palsu – Semakin berkembangnya teknologi khususnya gadget telah membuktikan jika kepintaran manusia juga semakin meningkat.

Gadget sendiri juga telah menjadi salah satu dari gaya hidup yang harus dipenuhi dan gadget dengan seri terbaru yang memiliki peningkatan dari segi performa dan fitur juga terus bermunculan.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Dan Mudah Mengatasi Ponsel Basah Oleh Air

Dibalik terus berkembangnya teknologi gadget, tentunya memiliki dampak baik dan juga dampak buruk, perkembangan gadget sering dimanfaatkan oleh sebagian orang dengan cara memalsukan produk smartphone keluaran terbaru yang tentunya akan sangat merugikan kita sebagai konsumen.

Untuk membantu anda agar tidak tertipu membeli produk smartphone palsu, silahkan simak ulasan dari variaponsel.net berikut ini.

7-cara-membedakan-smartphone-asli-dengan-palsu

7-cara-membedakan-smartphone-asli-dengan-palsu

Cara Membedakan Smartphone Asli Dan Palsu

1#. Baca detail spesifikasi

Smartphone keluaran terbaru saat ini umumnya berjalan dengan jaringan minimal yakni GSM 850/900/1800/1900 dan 3G HSDPA 850/900/1900/2100 dan jaringan ini tidak terdapat pada produk smartphone yang palsu.

Selain jaringan, spesifikasi processornya juga bisa dijadikan standar penilaian dan juga kapasitas RAM serta ROMnya yang tentunya memiliki perbedaan.

Dalam perangkat smartphone asli, biasanya terdapat RAM dan juga ROM yang besar, namun pada perangkat palsu hanya terbatas yaitu 512 MB saja.

Selain itu, dari segi kamera, Wi-Fi, layar, Bluetooth dan juga baterainya bisa juga digunakan untuk penilaian apakah smartphone tersebut asli atau palsu.

2#. Periksa kode IMEI

Pada kenyataannya, memang tidak semua produk smartphone menggunakan kode IMEI, akan tetapi kebanyakan smartphone sudah meyertakan kode IMEI pada produk smartphonenya.

Untuk memeriksa kode IMEI, anda bisa menghubungi *#06# dan sat kode IMEI tersebut muncul pada layar smartphone, maka periksalah kode tersebut apakah sama dengan kode yang tertera pada box smartphonenya.

Anda juga bisa mengetahui dimana produk tersebut diarkit dengan melihat angkai pada kode IMEI urutan ke 7 dan 8 yang tertera kode – kode khusus yang bisa anda gunakan untuk melihat tempat perakitan smartphone tersebut dengan cara googling.

3#. Periksa dengan Data Exif Foto

Cara berikut ini termasuk cukup mudah untuk dilakukan yakni dengan menggunakan data exif foto yang diperoleh dengan menggunakan kamera pada perangkat tersebut sehingga bisa diketahui apakah smartphone tersebut asli atau palsu.

Saat anda sedang mengambil gambar menggunakan kamera smartphone, anda bisa memeriksa hasilnya pada galery atau bisa juga dipindahkan ke PC yang akan terlihat pada properties data exif yang lengkap.

4#. Periksa dengan aplikasi Benchmark

Aplikasi ini bisa anda gunakan sebagai sebuah informasi tentang perangkat mobile yang ingin anda ketahui statusnya.

Dengan menggunakan aplikasi benchmark, maka anda bisa mengetahui dari segi performa sampai dengan kecepatan sebuah perangkat.

5#. Melihat desain dan warna

Setiap vendor umumnya mempunyai sebuah ciri khas pada produk smartphone terbarunya mulai dari bentuk, desain dan warna yang akan terlihat perbedaannya pada produk yang asli dengan yang palsu.

Selain itu, berat, ukuran layar dan juga detail dari sebuah perangkat juga bisa dijadikan pegangan untuk mengetahui sebuah produk tersebut asli atau palsu.

6#. Periksa kartu garansi

Hal ini memang tidak selamanya bisa dijadikan sebagai acuan utama sebab ada segelintir orang yang dengan sengaja memalsukan kartu garansi.

Meski tidak digunakan sebagai sebuah acuan yang utama, akan tetapi dengan mengidentifikasikan kartu garansi juga cukup efektif untuk mengetahui produk tersebut asli atau palsu.

7#. Lihat performanya

Anda bisa melihat produk sebuah smartphone asli atau palsu dengan cara melihat dari segi performanya.

Biasanya produk smartphone yang palsu akan memiliki performa yang lambat yang disebabkan dari kapasitas RAM didalamnya sangat kecil sehingga akan sangat lambat saat digunakan muktitasking.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kami bagikan agar anda bisa terhindar dari produk smartphone palsu yang tentunya akan sangat merugikan anda, semoga bisa bermanfaat.

7 Cara Membedakan Smartphone Asli Dengan Palsu | turun dari langit | 4.5

Leave a Reply

error: Content is protected !!